Tuesday 25th February 2020

Djidon Watania : Progres Waduk Kuwil Kawangkoan di bagi 2 Tahap

CAHAYA MEDIA – SULUT, Pembangunan Waduk Kuwil-Kawangkoan di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara masih terkendala pembebasan lahan.

Dalam agenda hearing dengan komisi 3 dewan sulut kepala balai sungai wilayah sulawesi 1 Djidon Watania mengatakan progres pembangunan Waduk Kuwil Kawangkoan sudah mencapai 19 % progres fisik yang mana untuk waduk  ini progres  di laksanakan dalam 2 tahap pengerjaannya kata kepala balai sungai wilayah sulawesi 1 ini dalam  wawancaranya.

“Lahan pembangunan waduk Kuwil terkendala pembebasan lahan karena masih banyak sengketa sehingga belum bisa dibayarkan,” ujar Djidon Watania pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi 3 DPRD Sulut, Rabu (24/1/2018).dan di hadiri oleh para kepala satker satker di antaranya  Novi Ilat, Kiki Walangitan, Pak Dan,  dan kepala PPK  dari kementrian Bina marga.

Tambah Djidon watania, harga tanah sudah ditetapkan tim appraisal tapi tidak disetujui pemilik lahan maka pihaknya akan menitipkan uang di pengadilan.

“Kami akan memberlakukan konsinyasi uang titip di pengadilan. Kalu sudah tuntas baru bisa diambil. Dari 306 hektar yang terbayar sudah mencapai 134 hektar, terakhir dibayarkan 53 miliar, jadi tersisa sekitar 130-an miliar,” tegas Djidon Watania.

Lanjut Djidon Watania, Waduk Kuwil-Kawangkoan dikerjakan dalam dua paket. pertama progress fisiknya sudah mencapai 16,9 persen, dan paket yang kedua mencapai 14,75 persen.

“Dana yang tersedia tahun 2018 ini, paket pertama pagunya sebesar 101 miliar, paket kedua 124,316 miliar. Totalnya kurang lebih 225 miliar,” pungkas Djidon Watania pada rapat yang dipimpin Ketua Komisi 3 Adriana Dondokambey, dihadiri ketua Felly Runtuwene, Eddyson Masengi, Dick Makagansa, Yongkie Limen, Juddy Moniaga dan Bart Senduk.( Nixon Tanos)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses