Tuesday 18th June 2019

Bank Indonesia Perwakilan Sulut Membuka Tempat Penukaran Uang Bersama Bank Bank Lainnya

CAHAYA MEDIA – SULUT, Manado, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara bersama Perbankan Manado resmi membuka penukaran uang menjelang Idul Fitri pada hari ini, Senin (20/5).

Haratua Panggabean, Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang mewakili Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) mengungkapkan jumlah uang kartal yang disediakan untuk tahun ini senilai 2,3 triliun rupiah, terbagi di tiga provinsi, yakni Sulut, Gorontalo, dan Maluku Utara.

“Jumlah uang kartal yang disediakan sekitar 2,3 triliun rupiah, yang terbagi di tiga provinsi. Dan untuk Sulut sekitar 1,5 triliun rupiah yang disediakan,” ujarnya saat membuka kegiatan penukaran uang di BI lama.

Angka tersebut mengalami penurunan dari tahun 2018, namun tidak menjadi permasalahan karena sudah berdasarkan perhitungan kebutuhan.

Haratua menjelaskan dari 30 bank yang ikut berpartisipasi, Bank BRI bersedia membuka 30 titik loket penukaran yang tersebar di seluruh daerah.

“Ada sekitar 30 bank yang berpartisipasi, dan BRI sendiri, kurang lebih 30 outlet dibuka” ujarnya

Menurut Haratua, penukaran uang sudah dibuka dari 13 Mei, namun resminya 20 hingga 29 Mei nanti. Akan tetapi, lanjutnya, bukan hanya dibuka di kantor lama BI di Manado, melainkan juga beberapa kantor bank, dan tercatat sekitar 114 titik yang ada di Sulut.

Di luar kota Manado, ada beberapa kota yang bakal melayani penukaran uang, seperti Bolmong Raya, Minsel, Siau, Tahuna dan Melonguane.

Jesaja Richard (kiri)
Jesaja Marthin Richard, Kepala Tim PUR (Pengelolaan Uang Rupiah) BI Perwakilan Sulawesi Utara mengatakan jumlah per hari yang diperbolehkan ditukar yakni 3.7 juta rupiah dan masyarakat hanya membawa KTP serta uang yang akan ditukar.

“Silahkan masyarakat memanfaatkan penawaran ini. Dipastikan uang penukaran yang kami sediakan merupakan uang segar, dan bukan uang palsu,” kata Jesaja kepada wartawan( Nita)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.