Tuesday 22nd October 2019

Arbonas Hutabarat : Universitas UNKLAB Penerima Beasiswa Bank Indonesia Sulut 2019

CAHAYA MEDIA – SULUT, Airmadidi, Dalam Agenda  ini  Dukungan mencetak anak bangsa menjadi inovatif merupakan salah satu misi dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara. Peningkatan Sumber Daya Manusia ini dilakukan dengan pemberian beasiswa pendidikan di be berapa kampus baik negeri dan swasta.

Pemberian beasiswa pendidikan untuk tiga perguruan tinggi negeri di Sulut sudah dilakukan oleh BI Sulawesi Utara sepanjang dua tahun terakhir. Sementara untuk perguruan tinggi swasta dilakukan pada hari ini di Universitas Klabat, Kabupaten Minahasa Utara.

“Pada 2019 ini di Indonesia Timur baru Unklab, universitas swasta yang mendapatkan beasiswa ini. Dan pemberiannya juga sudah berdasarkan hasil assesment,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Arbonas Hutabarat saat penandatanganan kerjasama pemberian beasiswa, di Unklab, Rabu (25/9).

Arbonas menambahkan yang mendapatkan beasiswa di Unklab berjumlah 50 orang, dan masing-masing mendapatkan Rp1 juta setiap bulan selama 12 bulan. Lanjutnya, pemberian untuk saat ini akan diberikan Rp6 juta sekaligus (beasiswa 6 bulan).

“Yang penting mahasiswa ini berprestasi dan dari keluarga tak mampu,” tukasnya.

Dia berujar bahwa mahasiswa ini harus mempertahankan prestasinya, sementara untuk kampusnya harus mempertahankan kredibilitasnya, karena pemberiannya akan berkelanjutan. Bila tidak terpenuhi dapat dihentikan kerjasamanya.

Menurutnya, mahasiswa penerima unklab ini akan bergabung dalam Generasi Baru Indonesia (Genbi) yang nantinya dilatih kepemimpinan. Bahkan akan ditempa sampai ke jenjang nasional.

“Saya mengharapkan beasiswa ini digunakan sebagai penunjang mereka dalam kuliah, bukan untuk hal-hal konsumtif,” imbuhnya.

Sementara Rektor Unklab Marthen Sengkey menjelaskan mahasiswa penerima ini harus belum menerima beasiswa, aktif dalam kegiatan sosial dan memiliki GPI (IPK) 3.25. Ia mengaku sebelumnya sudah mengusulkan 80 nama, tapi yang disetujui hanya 50 nama.

“Nama-nama itu tidak ada unsur kolusi,” sebut Marthen.

Dijelaskan Marthen selama ini banyak mahasiswanya yang berasal dari keluarga tak mampu. “Mereka itu pada bekerja untuk mencukupi biaya kuliah,” jelasnya.

Karena itu ia bersyukur BI memberikan beasiswa tersebut. Disebutnya jumlah mahasiswa yang kuliah di Unklab ada 3.800 mahasiswa.(Nixon Tanos)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.