Friday 6th December 2019

Arbonas Hutabarat : Pembagian Bibit Barito Mengendalikan Inflasi,Lewat Peran Sinode GMIM

CAHAYA MEDIA – SULUT, Bitung, Dalam Agenda Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara pada 26  November 2019 Membagikan Bibit BARITO ( Bawang, Tomat, Rica ) Kepada masyarakat Sulut yang berada di Kota Bitung Lewat GMIM, dalam Agenda tersebut yang di pimpin langsung oleh Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat yang di Hadiri oleh Gubernur Sulut  Olly Dondokambey serta undangan lainnya,

Pada kegiatan ini juga Gubernur Sulut dan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulut  langsung menyerahkan secara Simbolis Bibit Barito kepada Pengurus GMIM di Wilayah Niyung dan di teruskan kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Dalam dambutan yang di bacakan olwh Kepala B I  Sulut  Mengatakan beberapa hal diantaranya : Perlu kami sampaikan bahwa selama tahun 2019, tingkat inflasi di Provinsi Sulawesi Utara cukup bergejolak. Hingga Bulan Oktober, tercatat harga barang dan jasa di Sulawesi Utara mengalami inflasi sebesar 4,81% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Angka tersebut menjadikan Provinsi Sulawesi Utara sebagai provinsi dengan tingkat inflasi bulanan tertinggi di Indonesia. Faktor utama kenaikan harga barang dan jasa pada Bulan Oktober tersebut adalah kenaikan harga yang cukup tajam pada Kelompok Bahan Makanan, terutama Tomat Sayur.

Ke depan, kami memproyeksikan akan terjadi kenaikan tingkat konsumsi yang cukup tajam menjelang periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru terutama untuk komoditas bahan makanan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi TPID Sulawesi Utara dan kita semua dalam pengendalian inflasi Sulawesi Utara.

Namun demikian, kami optimis kita akan dapat menghadapi tantangan tersebut dengan baik JIKA Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama TPID dapat bergandengan tangan dengan seluruh elemen masyarakat untuk mengantisipasi kurangnya pasokan barang dan tingginya konsumsi dalam waktu satu bulan ke depan. Karena seperti yang Bapak/Ibu ketahui, inflasi yang tinggi dapat menggerus kesejahteraan rakyat dan pertumbuhan ekonomi, sehingga perlu dikendalikan dalam level yang rendah dan stabil.

Oleh karena itu, kami memandang kegiatan hari ini merupakan upaya yang strategis bagi TPID Sulawesi Utara untuk bersinergi dengan masyarakat Sulawesi Utara dalam mengendalikan inflasi di Sulawesi Utara, terutama Sinode GMIM yang merupakan organisasi kenamaan dan besar di Sulawesi Utara.

Hari ini kita akan menyaksikan prosesi penyerahan 20.000 bibit tomat sayur dan cabai rawit kepada Sinode GMIM yang kami harapkan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari terlebih untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga para anggota Sinode pada saat perayaan Hari Raya Natal dan

Tahun Baru. Dengan cara seperti itu, Bapak/Ibu telah berkontribusi besar untuk bersama-sama membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan TPID dalam mengendalikan inflasi daerah. Kami yakin dengan kontribusi Bapak/Ibu dalarn merawat, menanam, serta mengkonsumsi hasil panen bibit-bibit ini, inflasi Sulawesi Utara dapat terkendali dengan baik seiring dengan tercukupinya pasokan bahan makanan rumah tangga di pasaran.

Kami juga berharap bibit yang dibagikan dapat menjadi manfaat bagi para anggota Sinode baik untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya, maupun untuk dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan rumah tangga.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada seluruh pihak yang teiah membantu menyukseskan terlaksananya program ini, terutama Sinode Gereja Masehi Injil di Minahasa (GMIM). Kiranya upaya bersama ini dapat menjadi berkat tersendiri bagi kita semua dan menjadi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Sulawesi

Utara. Demikian yang dapat saya sampaikan, terima kasih. Shaloom. Wassalamualaikum Wr Wb, Om Shanti Shanti Om. (Nixon Tanos)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.