Monday 20th January 2020

Penghujung tahun, UNIMA Sosialisasi Desa Surga

Tondano, CM – Penghujung tahun 2019, Universitas Negeri Manado lewat Lembaga Penelitian Dan Pengabdian (LPPM) mensosialisasikan Desa Surga di Desa Bulo Kecamatan Wori Minahasa Utara yang dicanangkan oleh Kementrian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemenDesa PDTT). Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan tindaklanjut dari Focus Group Discussion (FGD) Rektor-rektor LPTK (yang hadir, Rektor UNIMA, Rektor UNESA, Rektor UNP, Rektor UNY, Rektor UM, Rektor UTM, Rektor Universitas Dinamika Surabaya, Rektor UNNES, Rektor UNJ, Rektor UNM, Rektor UNAIR, dan Rektor UB) bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KemenDesa PDTT), Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd yang bertajuk “Sinergi Pembangunan dan Pengembangan Daerah Tertinggal” pada tangal 22 Desember 2019 saat acara peringatan Dies Natalis ke-55/Lustrum XI, Universitas Negeri Surabaya.

“UNIMA dibawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. J.P.A Runtuwene, MS. telah menunjuk LPPM untuk menindaklanjuti hasil FGD Rektor dengan KemenDesa PDTT terkait pembangunan dan pengembangan desa. Rektor UNIMA berkomitment bersama KemenDesa PDTT untuk mewujudkan apa yang dinamakan Desa Surga. Desa Surga maksudnya adalah desa yang indah, nyaman, warganya hidup tentram berkecukupan sehingga tidak tertarik untuk pindah-pindah ke kota. Selain Sosialisasi Desa Surga, Kami dan Tim (LPPM Unima) datang ke Desa Bulo, bertatap muka dengan sebagian masyarakat ingin meneliti berbagai persoalan di desa, merumuskan konsep pemecahan masalah. Salah satu program yang kami akan lakukan ialah Bedah Rumah ke salah satu rumah warga. Ini merupakan program KKN PPM yang akan melibatkan masyarakat setempat dan mahasiswa KKN Unima dan sekaligus menjadi tahap pertama untuk membangun desa surga.” Kata Prof. Dr. Revelson Mege, MS (Ketua LPPM UNIMA).

“Kami juga akan mendorong, dosen-dosen dan mahasiswa untuk memilih desa untuk dijadikan objek riset, skripsi, tesis, disertasi dan pengabdian mereka. Hal ini tentunya dimaksudkan agar berdampak pada kebangkitan dan kesejahteraan masyarakat desa“. lanjutnya. (red)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.