Thursday 2nd July 2020

Donny Dumais : Bendungan Kuwil 73 Persen Rampung

CAHAYA MEDIA – SULUT, Minut.- Pembangunan Waduk Kuwil Kawangkoaan yang sementara dalam progres Pekerjaan untuk Memenuhi Targetnya , Bendungan Kuwil Kawangkoan rencananya akan dirampungkan Agustus mendatang. Saat ini dalam proses pengerjaan untuk penyelesaian pekerjaan dan Februari mencapai 73 persen.

“Apabila cuaca mendukung, kemudian ditunjang ketersediaan material, pekerja dan semua unsur yang akan menunjang maka, direncanakan Agustus, bendungan ini sudah selesai,” tutur Asisten Satker Balai Sungai Sulut, Donny Dumais.

Dia menjelaskan, saat ini pekerjaan bendungan terus dilakukan untuk pembetonan spillway dan daerah mendem. Mendam atau penahan air, tidak difondasi hanya berupa timbunan tanah pilihan dan dibuat dengan cuttingan agar tidak terjadi longsor.

Ditanyakan, apakah pekerjaan dilakukan setiap hari? Donny pun menjawab, pekerjaan memang dilakukan setiap hari kecuali Minggu, dengan jumlah pekerja sekitar 300-400 orang tenaga lokal maupun tidak.

“Kapasitas bendungan ini 23 juta meter kubik, dengan ketinggian 60 meter. Dan bila bendungan rampung akan dilengkapi fasilitas umum seperti perkantoran untuk pemeliharaan bangunan tersebut,” imbuhnya.

Lanjutnya untuk mencapai target kami akan terus memaju pekerjaannya sesuai arahan dan petunjuk Kepala Balai Sungai Sulawesi wilayah 1 serta meminta arahan dari kepala Satker Bendungan juga  setelah mencapai target Bulan Agustus tahun 2020  Waduk Kuwil Kawangkoan Siap Diresmikan oleh  President Indonesia dan menunggu arahan  selanjutnya, untuk  progres kedepan seperti apa nantinya.

Secara umum dengan di bangunnya waduk ini secara jelas pertumbuhan ekonomi semakin baik, serta  menunjang pariwisata dan inflastrukture lainnya seperti pembangkit Listrik  dan lainnya kata Donny Dumais saat on the spot lapangan. (nixon tanos)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.