Saturday 23rd October 2021

Rocky Wowor : Pemanfaatan dan Pengunaan Anggaran Beberapa SKPD Belum Effisien

CAHAYA MEDIA – SULUT, Manado  Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rocky Wowor saat Press Conference dengan para media menyampaikan rapat LKPJ Gubernur Tahun 2020 yang digelar di ruang paripurna dari tanggal 21 paripurna dan mengundang seluruh SKPD, Senin 26 April 2021.

Menurut Rocky Wowor rapat LKPJ Gubernur Tahun 2020 ini dilaksanakan membahas program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sehingga banyak yang tidak terlaksanakan di akibatkan seluruh SKPD di refocusing.

“Tidak satupun SKPD yang tidak di refocusing. Jadi program-program yang DPRD bersama Eksekutif seakan di tahun 2019 untuk APBD tahun 2020 sebagian besar di refocusing itu yang menjadi permasalahan, tapi kita tahu bersama dasar refocusing itu adalah Perpu 1 tahun 2020, pemerintah mengamatkan dalam undang-undang pemerintah daerah untuk merefocusing dalam penanganan Covid-19,”ujar Wowor.

Seperti yang kami dapati dalam pembahasan beberapa hari ini bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kata Rocky Wowor dimana ada program-program tindaklanjut dari hasil rekomendasi 2019 di beberapa dinas yang belum maksimal.

“Dari hasil rekomendasi DPRD, ada beberapa dinas pada tahun anggaran sebelumnya belum 100% menindaklanjuti hasil rekomendasi dari DPRD tahun anggaran sebelumnya,”tutur Wowor.

Sementara Rocky Wowor juga menuturkan bahwa pada rapat LKPJ yang dilaksanakan beberapa hari ini, ada satu dinas yang di sentil.

“Kita kan punya semangat, dan untuk semua dana dan perencanaannya sudah benar-benar harus matang. Jadi apa yang sudah direfocusing dengan dana yang sudah tersisa, jangan sampai ada dana yang tersisa dengan anggaran yang cukup besar, apalagi semua dana sudah di alokasikan untuk penanganan Covid-19. Yang kita tahu bersama di tahun lalu pemerintah sangat membutuhkan anggaran untuk penanganan Covid-19, jadi pada rapat beberapa hari lalu, kami sudah sentil di dinas yang bersangkutan, masa ada sisa anggaran yang besar, padahal di tahun 2020 pemerintah kesulitan mencari program-program mana yang harus di pilah dan harus di prioritaskan, dan program mana yang harus kita tunda dulu, itu yang menjadi pertanyaan kami pada rapat beberapa hari lalu, kenapa masih ada sisa anggaran yang cukup besar,”ucapnya.

Untuk tahapan selanjutnya dirinya pun mengatakan pansus akan turun lapangan dan jadwalnya akan di mulai pada hari rabu besok sampai sabtu dan akan melanjutkan pada minggu depannya lagi yaitu senin dan selasa.

“Rencananya tanggal (6/5) akan finalisasi dan pansus akan memberi laporan pada Ketua DPRD, sehingga ini akan di masukkan di dalam pembahasan bamus untuk di jadwalkan di paripurna. Sebenarnya di jadwalkan pada tanggal 7-8 akan tetapi pada rapat paripurna harus di putuskan di bamus,”kata Wowor.

Selanjutnya Rocky Wowor juga mengatakan dimana telah melihat di laporan LKPJ tahun lalu tidak ada rekomendasi untuk Sekretariat DPRD (Setwan), kami hanya melihat dari sisi sinergitas dari pada dewan dan sekretariat, karena kami sama-sama satu keluarga besar DPRD dan Sekretariat DPRD yang sering menunjang kinerja-kinerja dari Anggota DPRD.

“Kami hanya minta untuk kedepannya bukan hanya kami yang di bimtek, tetapi ada pelatihan-pelatihan untuk sekretariat yang dampingi kami, sehingga dalam penginputan dan pokir-pokir di SIPD tidak terjadi pada beberapa hari lalu ada beberapa pokir yang tidak terinput. SIPD adalah satu hal yang baru bagi anggota DPRD dan pemerintah provinsi. Ada yang berhubungan langsung dengan pokir-pokir dan berhubungan dengan pemerintah daerah kabupaten/pusat, karena untuk penginputannya kita binggung inputnya di mana, karena tidak ada listnya di situ,”jelas Wowor ( Nixon Tanos )

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.