Saturday 15th May 2021

Aborasi Bisnis Online UKM 2021 Gorontalo JNE Sukses Terlaksana

CAHAYA MEDIA – Gorontalo, 19 Maret 2021 – Munculnya COVID-19 memberikan dampak yang begitu besar pada sektor perekonomian di Indonesia. Pola hidup pada masyarakat yang berubah telah menciptakan tantangan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk terus tumbuh di tengah masa ketidakpastian.
JNE mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 bertajuk Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Gorontalo guna pemberdayaan UKM khususnya di Kota Gorontalo. Melalui webinar ini diharapkan dapat membantu para pelaku UKM Gorontalo untuk mampu bersaing di era digitalisasi bisnis baik dalam skala nasional hingga internasional.

“Pandemi tidak hanya melahirkan tantangan baru bagi pelaku UKM Gorontalo, namun sekaligus dapat dijadikan momen untuk terjun ke dunia digitalisasi bisnis dimana para UKM dapat termotivasi untuk menambahkan kreativitas pada produk selama pandemi ini,” ujar Andrey Laogi, Head Regional JNE Sulampapua dalam webinar virtual pada Jumat (19/03/2021).


Bari Doku, Branch Manager JNE Gorontalo mengutarakan, pandemi memang berdampak pada pendapatan pelaku usaha kecil. Dampak positif pun juga didapati oleh UKM Kota Gorontalo, di mana dengan munculnya COVID-19 ini menjadikan produk buatan UKM menjadi produk unggulan hingga JNE Gorontalo mengalami peningkatan yang signifikan pada pengiriman domestik. Dalam rangka mendukung UKM Kota Gorontalo, JNE senantiasa bekolaborasi dengan berbagai pihak untuk pemberdayaan ekonomi masyrakat, khususnya Kota Gorontalo.

Hadir sebagai perwakilan dari pelaku UKM, Minarty Buo selaku Owner Titi Food Gorontalo mengatakan, keadaan sekitar yang setiap harinya kita temui bisa dijadikan peluang atau langkah awal bagi pelaku UKM untuk membuka usaha. Dengan melihat potensi pada bidang perikanan di Kota Gorontalo menjadi sebuah alasan bagi Minarty untuk membuka bisnis kuliner yang menjadikan ikan sebagai bahan baku utama. Pandai dalam mengambil peluang dan konsisten, baik itu dalam segi kualitas dan harga menjadi salah satu strategi Minarty dalam mengembangkan bisnisnya.


“Sebagai pelaku usaha, kita harus pintar dalam mengambil peluang dan selalu konsisten, baik itu dari segi kualitas rasa ikan yang khas dan juga dari sisi harga juga harus konsisten. Di sisi lain, dalam mengatasi dampak munculnya COVID-19, kami rutin melakukan promosi lewat sosial media, baik itu Instagram dan Facebok, guna menunjukkan eksistensi Titi Food di mata publik,” tutur Minarty.
Melihat keadaan sekitar menjadi potensi bisnis turut dirasakan Agus Lahinta selaku Creative Director & Founder Rumah Karawo. Bermula dari hobi travelling dan membeli kain khas berbagai kota di Indonesia menjadi alasan Agus untuk berani terjun sebagai entrepreneur dalam bidang fesyen. Agus menilai bahwa penting bagi para UKM untuk mengenali target customer sebelum mengeluarkan produk ke publik. Hal ini nantinya akan membuahkan hasil yang baik pada perkembangan bisnis yang sedang ditekuni.
“Bagi para UKM yang baru ingin membuka usaha atau pun yang sedang menimbang untuk diversifikasi pada produk, penting bagi kita untuk mengenali terlebih dahulu target customer, kemudian baru tentukan untuk menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan pasar, sehingga calon customer akan datang sendiri untuk membeli produk kita,” pungkas Agus.

Sebagai informasi, Kota Gorontalo merupakan kota ke-12 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021—Goll…Aborasi Bisnis Online 2021. Webinar ini juga diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Kota Gorontalo yang ke-293 pada Kamis, 18 Maret 2021. Setelah kota Gorontalo, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di kota Cilacap pada Jumat, 22 Maret 2021. JNE Ngajak Online merupakan roadshow di 59 kota di seluruh Indonesia dan dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate. ( Nixon Tanos )

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.