Saturday 15th May 2021

Glend Rauh Ruas Jalan Nasional Maelang – Tontulou Progres Pekerjaan Masih Berjalan, Steven Dotulong Ruas jalan Nasional Poigar – Maelang terus Jalan

CAHAYA MEDIA – SULUT,  Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Utara dimana pada Tahun 2021 dengan Kepala balai Jalan Nasional yang baru yang 2 tahun sebelum di kepalai oleh bapak Triono Junoasmono kemudian di gantikan dengan kepala balai baru Harry  Wibowo hampir setahun kemudian di ganti lagi oleh bapak Erik Aldrin Simangarimbun  terus mengali kemajuaan yang baik baik sarana Jalan Nasional di Sulawesi Utara walaupun dalam status siaga penanggulangan Covid 19  terus bekerja dengan tetap menggunakan protokol penanggulangan Covid 19 dari Kementrian PUPR dan Kementriaan Kesehatan indonesia.

Dalam Pantauan  kami di Ruas Jalan Nasional Sulawesi Utara  di beberapa wilayah kota dan kabupaten di sulawesi utara seperti diruas  PPK 2 bapak Steven Dotulong  ruas jalan dari Poigar  sampai  Maelang. Serta  ruas PPK 3 bapak Glend Rauh  ruas jalan Maelang sampai  desa tontulou  perbatasan provinsi gorontalo desa atinggola.

Pantauan kami memang wilayah wilayah tersebut mempunyai karakteristik daerah yang unik dan labil sudah tentu harus melaksanakan progres pekerjaan yang  extra dengan tetap memperhatikan konsep konsep pekerjaan yang sesuai dan pemanfaatan yang layak dan dapat di pertanggung jawabkan untuk  terus meningkatkan sarana peningkatan status jalan nasional di sulawesi utara lebih khusus  di 2  wilayah tersebut agar pemanfaatan ruang  jalan dan bahu jalan  berjalan dengan baik untuk pertumbuhan ekonomi antar propinsi dimana kita tau di ruas jalan nasional  di wilayah tersebut merupakan wilayah jalan trans sulawesi.

Dalam wawancara dengan kedua PPK di wilayah tersebut Steven Dotulong dan Glend Rauh menjekaskan bahwa semua progres pekerjaan yang kami kerjakan sudah melawati kajian dan pemeriksaan yang baik sehingga semua progres di wilayah kami harus dilaksanakan pekerjaan lewat MoU  dengan pemenang tender di wilayah kami tersebut.

Dengan di tanda tanda tangani MoU tersebut sudah tentu progres pekerjan sudah bisa di laksanakan dan di kerjakan ruas ruas jalan sesuai dengan kontrak kerjanya jelas  keduanya untuk progres pekerjaan tahun 2021 ini dan kami telah melakukan on the spot lapangan lewat pemotretan jalan jalan , video,  foto  serta lainnya  dalam jurnal kami www,cahayamedia.net  ini.

Melihat kebelakang dalam pemberitaan kami sebelumnya dimana Dalam Wawancara Khusus dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XV Sulut dan Gorontalo DR. Triono Junoasmono MT. Mengatakan beberapa hal yang sangat penting Katanya ” Rencana peresmian serta operasional Jalan Tol Manado – Bitung akan dibagi, yaitu:
a. Gerbang Tol Manado (STA. 0+000) – SS Kauditan (STA. 20+500) bulan Maret 2020.
b. SS Kauditan (STA. 20+500) – SS Danowudu (STA. 26+000) bulan April 2020.
c. Sampai Gerbang Toll Bitung (STA 39+000) bulan Juli 2020.
Sehingga Jalan Tol Manado – Bitung rencana operasional secara keseluruhan pada
bulan Juli 2020.

Progress pengembangan infrastruktur baik jalan maupun jembatan di Provinsi Sulawesi Utara dapat dilihat secara kuantitatif berdasarkan nilai kemantapannya. Untuk jalan nasional, kemantapan pada Semester II TA. 2019 sebesar 94,22%, dan direncanakan
dapat mencapai kemantapan 98,66% pada TA. 2020. Sedangkan untuk jembatan, kemantapan mencapai 84,15% pada Semester II TA. 2019, dan diharapkan pada TA. 2020 mampu mencapai kemantapan 84,93%.

Besaran anggarannya progress tahun 2020 untuk Sulut Pada Tahun Anggaran 2020, dukungan infrastruktur Jalan dan Jembatan Nasional
BPJN XV Manado khususnya di Provinsi Sulawesi Utara sebesar Rp. 659,8 Miliar
adalah:
a. Preservasi Jalan
Target : 1.663,63 Km; Pagu Dana Rp.504 Miliar.
b. Pembangunan Jalan
Target : 3,15 Km; Pagu Dana Rp.94,8 Miliar, terdiri dari :
– Pembangunan Jalan MORR III; Target 1,5 Km; Dana Rp.60 Miliar.
– Pembangunan Jalan Akses KEK Likupang; Target 1,65 Km; Dana Rp.34,8
Miliar.
c. Paket Penggantian Jembatan sebanyak 6 bh dengan Pagu 36,6 Miliar, kemudian juga terdapat 3 paket pembangunan jembatan gantung untuk pejalan kaki dengan total Pagu 10,5 Miliar.

Untuk preservasi jalan nasional Sulut dan Gorontalo besaran anggarannya mencapai Total Pagu untuk program preservasi jalan nasional BPJN XV Manado TA. 2020 adalah sebesar 796 Miliar dengan target 2.428 km, meliputi jalan nasional di Provinsi Sulawesi Utara sebesar 504 Miliar dengan target 1.663,63 km dan jalan nasional di Provinsi Gorontalo sebesar 292 Miliar dengan target 764,38 km.

Persentasi capaian jalan nasional status mantap wilayah XV Sulut dan Gorontalo Kemantapan jalan nasional untuk Provisi Sulawesi Utara pada Semester II TA. 2019 sebesar 94,22%, dan direncanakan dapat mencapai kemantapan 98,66% pada TA. 2020. Sedangkan untuk Provinsi Gorontalo, kemantapan jalan nasional mencapai 96,01% pada Semester II TA. 2019, dan diharapkan pada TA. 2020 mampu mencapai kemantapan 98,51%. Demikian semua penjelasan Kepala Balai Pekerjaan Jalan Nasional Wilayah XV Sulut dan Gorontalo DR.Triono Junoasmono MT kepada www.cahayamedia.net ( Nixon Tanos ) bersambung selanjutnya..tahun 2021..

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.